Riset Pemasaran atau Marketing Research
adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang
dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan
penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil
penelitian. Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak
manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan
untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk
perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar. Tujuan Riset
Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat
menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh
keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan.
Klasifikasi Riset Pemasaran bisa
digolongkan menjadi riset untuk identifikasi masalah dan riset untuk
pemecahan masalah. Riset untuk identifikasi masalah : Riset yang
diadakan untuk mengidentifikasi masalah. Masalah ini tidak harus ada
saat ini, tetapi kemungkinan besar akan muncul di masa yang akan datang.
Riset untuk pemecahan masalah : Riset yang diadakan untuk menolong
memecahkan masalah yang lebih spesifik di dalam pemasaran.
Tahapan Riset Pemasaran :
1. Penetapan Masalah Riset
Kemampuan untuk melihat permasalahan dengan tepat diperlukan agar perumusan masalah jelas dan spesifik.
2. Penentuan Rancangan Desain Riset
Untuk membuat desain penelitian maka
diperlukan pemahaman mengenai skala penelitian (rasio, interval,
ordinal). Sedangkan perluasan skala terdiri dari skala pembanding
(paired comparison, rank order, constant sum), dan skala bukan
pembanding (likert, semantic diferensial, stapeleksploratori,
deskriptif, kausal).
3. Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data antara lain
melalui survei, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer
(kualitatif) diperoleh melalui wawancara, focus grup, dan teknik
proyeksi. Sedangkan data skunder bisa didapat dari bagian internal
organisasi perusahaan yang bersangkutan dan dari eksternal. Teknik
pengambilan sampel diperlukan untuk mengumpulkan data yang tidak bisa
memenuhi semua anggota populasi. Terdapat 2 metode pengambilan sampel
yakni Probability Sampling (simple random, systematic, stratified,
cluster) dan Non-probability Sampling (judgment, convenient, quota,
snowball).
4. Pengolahan Data dan Analisis Riset
Metode Analisis Statistik secara umum
terbagi menjadi dua, yakni Metode Deskriptif (mean, modus, median, angka
indeks, frekuensi, presentasi, diagram lingkaran/ batang / garis /
ular), dan Metode Non-parametrik / Inferensia.
Pengertian dan Ruang lingkup Riset Pemasaran
Menurut American Marketing Association, riset pemasaran
adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat
untuk pemasar melalui informasi-informasi yang digunakan untuk
mengidentifikasi dan menentukan peluang serta masalah pemasaran,
menghasilkan, menyempurnakan, dan mengevaluasi tindakan pemasaran,
memonitor kinerja pemasaran, dan meningkatkan pemahaman pemasaran
sebagai suatu proses.
Riset pemasaran adalah analisis masalah sistematis, bangunan
model dan pencarian fakta untuk tujuan pengambilan keputusan penting dan
kontrol dalam pemasaran barang dan jasa.
Riset pemasaran adalah program yang terencana, proses yang sistematis yang menyiratkan bahwa perlu perencanaan di semua tahapan. Riset pemasaran menggunakan metode ilmiah, proses yang obyektif karena upaya untuk memberikan informasi otentik akurat. Riset pemasaran kadang-kadang didefinisikan sebagai penerapan metode ilmiah dalam pemecahan masalah pemasaran.
Riset pemasaran berperan penting dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan baik. Tugas utama riset pemasaran adalah pengumpulan sistematis dan analisis informasi.
Riset pemasaran sangat penting untuk perencanan pasar setrategis
dan pengambilan keputusan. Membantu perusahaan dalam mengidentifikasi
peluang dan kendala, dalam mengembangkan dan menerapkan strategi pasar,
dan dalam mengevaluasi efektivitas rencana pemasaran.
Riset pemasaran adalah kegiatan yang berkembang dan banyak
digunakan, sebagai penjual anda perlu tahu banyak tentang konsumen ahir
dari produk anda, konsumen terahir disini adalah user. Anda harus tahu
siapa konsumen anda, dan karakteristik dari konsumen anda, apabila anda
tidak bisa memahami calon konsumen anda bisa jadi barang anda tidak laku
dipasaran.
Riset pemasaran mencakup berbagai prinsip yang penting untuk
menghasilkan informasi yang berguna bagi manajer. Prinsip-prinsip ini
berhubungan dengan ketepatan waktu dan pentingnya data, pentingnya
menentukan tujuan, hati-hati dan jelas, serta harus menghindari membuat
penelitian guna mendukung keputusan yang sudah dibuat.
Kegunaan riset pemasaran bagi :
1. Produsen
a. Untuk mengetahui potensi tentang produknya.
b. Menciptakan produk baru.
c. Untuk mengetahui merek-merek yang ikut bersaing dalam produk sejenis.
d. Untuk mengetahui harga, kualitas dari produk sejenis.
e. Untuk mengetahui struktur pasar dan strategi pemasaran produk, dan lain sebagainya.
2. Pemerintah
a. Penentuan poduk nasional bruto, Indek harga dan pendapatan perkapita.
b. Tingkat pengeluaran dan penganggaran.
c. Menetapkan kebijakan ekonomi pemerintahan.
d. Operasional dan perencanaan bisnis dan industri.
3. Agen riset pemasaran
Riset pemasaran sedang digunakan secara luas oleh para
profesional untuk membantu melakukan berbagai penelitian dalam riset
pemasaran. lembaga riset pemasaran yang menonjol sebagai berikut:
a. Linta India Ltd
b. British Market Research Bureau (BMRB)
c. Hindustan Thompson Associate Ltd
e. MARG
4. Manajer
digunakan untuk mengambil keputusan dan setrategi yang diharapkan akan
berguna dan membantu dalam proses pencapaian tujuan perusahaan.
Lucky Club Casino Site - Live Dealer Casino Software for Fun
BalasHapusLucky Club Casino is an online casino site powered by Realtime Gaming, powered by RTG software. The site boasts a large selection of luckyclub games, so you can Rating: 8.2/10 · Review by Lucky Club Casino