Senin, 13 Januari 2014

Riset Pemasaran



Riset Pemasaran 


Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian. Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan.
Klasifikasi Riset Pemasaran bisa digolongkan menjadi riset untuk identifikasi masalah dan riset untuk pemecahan masalah. Riset untuk identifikasi masalah : Riset yang diadakan untuk mengidentifikasi masalah. Masalah ini tidak harus ada saat ini, tetapi kemungkinan besar akan muncul di masa yang akan datang. Riset untuk pemecahan masalah : Riset yang diadakan untuk menolong memecahkan masalah yang lebih spesifik di dalam pemasaran.
Tahapan Riset Pemasaran :
1. Penetapan Masalah Riset
Kemampuan untuk melihat permasalahan dengan tepat diperlukan agar perumusan masalah jelas dan spesifik.
2. Penentuan Rancangan Desain Riset
Untuk membuat desain penelitian maka diperlukan pemahaman mengenai skala penelitian (rasio, interval, ordinal). Sedangkan perluasan skala terdiri dari skala pembanding (paired comparison, rank order, constant sum), dan skala bukan pembanding (likert, semantic diferensial, stapeleksploratori, deskriptif, kausal).
3. Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawancara, focus grup, dan teknik proyeksi. Sedangkan data skunder bisa didapat dari bagian internal organisasi perusahaan yang bersangkutan dan dari eksternal. Teknik pengambilan sampel diperlukan untuk mengumpulkan data yang tidak bisa memenuhi semua anggota populasi. Terdapat 2 metode pengambilan sampel yakni Probability Sampling (simple random, systematic, stratified, cluster) dan Non-probability Sampling (judgment, convenient, quota, snowball).
4. Pengolahan Data dan Analisis Riset 
Metode Analisis Statistik secara umum terbagi menjadi dua, yakni Metode Deskriptif (mean, modus, median, angka indeks, frekuensi, presentasi, diagram lingkaran/ batang / garis / ular), dan Metode Non-parametrik / Inferensia.


Pengertian dan Ruang lingkup Riset Pemasaran

Menurut American Marketing Association, riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat untuk pemasar melalui informasi-informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang serta masalah pemasaran, menghasilkan, menyempurnakan, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, memonitor kinerja pemasaran, dan meningkatkan pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.
Riset pemasaran adalah analisis masalah sistematis, bangunan model dan pencarian fakta untuk tujuan pengambilan keputusan penting dan kontrol dalam pemasaran barang dan jasa.


Riset pemasaran adalah program yang terencana, proses yang sistematis yang menyiratkan bahwa perlu perencanaan di semua tahapan. Riset pemasaran menggunakan metode ilmiah, proses yang obyektif karena upaya untuk memberikan informasi otentik akurat. Riset pemasaran kadang-kadang didefinisikan sebagai penerapan metode ilmiah dalam pemecahan masalah pemasaran.
Riset pemasaran berperan penting dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan baik. Tugas utama riset pemasaran adalah pengumpulan sistematis dan analisis informasi.
Riset pemasaran sangat penting untuk perencanan pasar setrategis dan pengambilan keputusan. Membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang dan kendala, dalam mengembangkan dan menerapkan strategi pasar, dan dalam mengevaluasi efektivitas rencana pemasaran.
Riset pemasaran adalah kegiatan yang berkembang dan banyak digunakan, sebagai penjual anda perlu tahu banyak tentang konsumen ahir dari produk anda, konsumen terahir disini adalah user. Anda harus tahu siapa konsumen anda, dan karakteristik dari konsumen anda, apabila anda tidak bisa memahami calon konsumen anda bisa jadi barang anda tidak laku dipasaran.
Riset pemasaran mencakup berbagai prinsip yang penting untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi manajer. Prinsip-prinsip ini berhubungan dengan ketepatan waktu dan pentingnya data, pentingnya menentukan tujuan, hati-hati dan jelas, serta harus menghindari membuat penelitian guna mendukung keputusan yang sudah dibuat.
Kegunaan riset pemasaran bagi :
1. Produsen 
a. Untuk mengetahui potensi tentang produknya.
b. Menciptakan produk baru.
c. Untuk mengetahui merek-merek yang ikut bersaing dalam produk sejenis.
d. Untuk mengetahui harga, kualitas dari produk sejenis.
e. Untuk mengetahui struktur pasar dan strategi pemasaran produk, dan lain sebagainya.
2. Pemerintah
a. Penentuan poduk nasional bruto, Indek harga dan pendapatan perkapita.
b. Tingkat pengeluaran dan penganggaran.
c. Menetapkan kebijakan ekonomi pemerintahan.
d. Operasional dan perencanaan bisnis dan industri.
3. Agen riset pemasaran 
Riset pemasaran sedang digunakan secara luas oleh para profesional untuk membantu melakukan berbagai penelitian dalam riset pemasaran. lembaga riset pemasaran yang menonjol sebagai berikut:
a.   Linta India Ltd
b.   British Market Research Bureau (BMRB)
c.   Hindustan Thompson Associate Ltd
e.   MARG
4. Manajer
digunakan untuk mengambil keputusan dan setrategi yang diharapkan akan berguna dan membantu dalam proses pencapaian tujuan perusahaan.

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site - Live Dealer Casino Software for Fun
    Lucky Club Casino is an online casino site powered by Realtime Gaming, powered by RTG software. The site boasts a large selection of luckyclub games, so you can  Rating: 8.2/10 · ‎Review by Lucky Club Casino

    BalasHapus